The Dark Knight

Saya baru saja menonton film Batman terbaru The Dark Knight. Sebenarnya menonton bioskop adalah kegiatan yang amat sangat jarang saya lakukan. Film terakhir yang saya tonton di bioskop sebelum The Dark Knight adalah Terminator 2. Nah kebayang kan betapa jarangnya saya nonton bioskop? Bukan berarti saya tidak nonton film tapi saya kebanyakan nonton film lewat VCD dan DVD bukan pergi ke bioskop.

Saya tertarik menonton film ini di bioskop karena baca-baca mengenai film ini di Internet. Ternyata film ini memang tidak mengecewakan. Tapi ini jelas bukan film untuk anak kecil. Yang paling mengesankan adalah kata-kata terakhir di film ini yang diucapkan oleh Letnan James Gordon:

“Because he’s the hero Gotham deserves, but not the one it needs right now…and so we’ll hunt him, because he can take it. Because he’s not a hero. He’s a silent guardian, a watchful protector…a dark knight.”

Di akhir film Batman memutuskan untuk menjadi kambing hitam pembunuhan yang dilakukan oleh Harvey Dent supaya nama Harvey Dent tetap harum sebagai jaksa yang menuntut banyak penjahat. Batman bersedia menjadi kambing hitam dan diburu polisi karena dia sanggup menanggungnya.

Ini mirip dengan apa yang dilakukan Yesus. Yesus Kristus menanggung segala dosa, sakit penyakit dan kelemahan kita hanya karena Dia saja yang sanggup menanggungNya. Tentu saja penderitaan yang ditanggung oleh Kristus jauh lebih berat dari apa yang dialami Batman.

1Pe 2:24
(24)  Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Bahkan seorang super hero menjalankan prinsip Injil Kristus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s