Mengenai Karunia Roh

1 Korintus 12:1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. Rasul Paulus ingin supaya jemaat di Korintus paham akan hal tersebut. Saya akan menjelaskan apa yang sudah saya pelajari dari Firman mengenai karunia-karunia Roh.

Apakah karunia-karunia Roh itu? Karunia artinya pemberian. Karunia Roh artinya pemberian dari Roh Kudus. Tentu saja ungkapan ini masih kurang spesifik sebab kalau kita renungkan “Apa yang diberikan Roh Kudus?” Maka jawabannya adalah segalanya. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah pemberian Roh Kudus. Pada waktu Rasul Paulus berkata mengenai karunia-karunia Roh sebetulnya Paulus berbicara mengenai suatu pemberian Roh Kudus yang bersifat khusus.

1 Korintus 12:4-7
(4) Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
(5) Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
(6) Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
(7) Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Dari ayat diatas jelas bahwa yang dimaksud dengan karunia-karunia Roh adalah pemberian Roh Kudus yang bermanfaat untuk pelayanan jemaat Kristus. Jadi karunia-karunia Roh diberikan untuk pertumbuhan dari jemaat.

Mari kita lihat penjelasan lebih lanjut mengenai karunia-karunia Roh:

1 Korintus 12:8-11
(8) Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
(9) Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
(10) Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
(11) Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Berdasarkan firman maka karunia-karunia Roh adalah:

  1. Berkata-kata dengan hikmat
  2. Berkata-kata dengan pengetahuan
  3. Iman
  4. Menyembuhkan
  5. Kuasa mengadakan mujizat
  6. Bernubuat
  7. Membedakan bermacam-macam roh
  8. Berkata-kata dengan bahasa roh
  9. Menafsirkan bahasa roh

Mengingat karunia ini diberikan untuk pertumbuhan jemaat maka kita dapat memperhatikan kehidupan Tuhan Yesus, para Rasul dan orang-orang percaya dalam Kisah para Rasul untuk memahami mengenai contoh bekerjanya karunia-karunia Roh ini.

1 Berkata-kata dengan hikmat

Markus 13:11
(11) Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.

Karunia berkata-kata dengan hikmat diberikan Roh Kudus pada saat jemaat mengalami aniaya dan kesengsaraan dari musuh Injil. Salah satu contoh akan hal ini adalah Stefanus (Kisah 7). Pada saat Stefanus akan dianiaya maka muka Stefanus menjadi seperti muka malaikat dan perkataan yang diucapkan menusuk hati semua orang yang mendengarnya.

2. Berkata-kata dengan pengetahuan

Kisah 5:1-4
(1) Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
(2) Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
(3) Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
(4) Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

Perkataan yang diucapkan Petrus bukanlah berdasarkan pengetahuan alamiah. Petrus mengetahui Ananias berdusta karena diberitahu oleh Roh Kudus.

3. Iman

Kisah 27:21-26
(21) Dan karena mereka beberapa lamanya tidak makan, berdirilah Paulus di tengah-tengah mereka dan berkata: “Saudara-saudara, jika sekiranya nasihatku dituruti, supaya kita jangan berlayar dari Kreta, kita pasti terpelihara dari kesukaran dan kerugian ini!
(22) Tetapi sekarang, juga dalam kesukaran ini, aku menasihatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati, sebab tidak seorangpun di antara kamu yang akan binasa, kecuali kapal ini.
(23) Karena tadi malam seorang malaikat dari Allah, yaitu dari Allah yang aku sembah sebagai milik-Nya, berdiri di sisiku,
(24) dan ia berkata: Jangan takut, Paulus! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang ada bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau.
(25) Sebab itu tabahkanlah hatimu, saudara-saudara! Karena aku percaya kepada Allah, bahwa semuanya pasti terjadi sama seperti yang dinyatakan kepadaku.
(26) Namun kita harus mendamparkan kapal ini di salah satu pulau.”

Inilah contoh bekerjanya karunia iman dan kata-kata pengetahuan dalam kehidupan Rasul Paulus.

4. Menyembuhkan

Kisah 8:6-7
(6) Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
(7) Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.

5. Kuasa mengadakan mujizat

Kisah 19:11-12
(11) Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,
(12) bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

6. Bernubuat

Act 21:10-11
(10) Setelah beberapa hari kami tinggal di situ, datanglah dari Yudea seorang nabi bernama Agabus.
(11) Ia datang pada kami, lalu mengambil ikat pinggang Paulus. Sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri ia berkata: “Demikianlah kata Roh Kudus: Beginilah orang yang empunya ikat pinggang ini akan diikat oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain.”

7. Membedakan bermacam-macam roh

Act 16:16-18
(16) Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.
(17) Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: “Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.”
(18) Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: “Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini.” Seketika itu juga keluarlah roh itu.

Paulus tahu roh macam apa yang menguasai perempuan tersebut: roh tenung. Bagaimana Paulus tahu akan hal ini? Karunia membedakan bermacam-macam roh bekerja dalam diri Paulus.

8. Berkata-kata dengan bahasa roh

1 Korintus 14:18
(18) Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua.

Rasul Paulus menyatakan bahwa dirinya berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada jemaat Korintus

9. Menafsirkan bahasa roh

1 Korintus 14:26
(26) Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-ti
ap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.

Salah satu pelayanan yang dianjurkan Paulus untuk dipersembahkan jemaat adalah menafsirkan bahasa roh.

Apakah karunia-karunia Roh masih diberikan Roh Kudus saat ini?

Inilah pertanyaan yang akhirnya membelah dua denominasi-denominasi dalam umat Kristus. Ada denominasi yang berkata ya karunia-karunia Roh memang ada karena hal itu tercantum dalam Alkitab akan tetapi setelah matinya Rasul terakhir maka era tersebut sudah berlalu dan karunia-karunia Roh tidak diperlukan lagi oleh jemaat. Ada denominasi yang berkata Roh Kudus masih memberikan karunia-karuniaNya untuk pertumbuhan jemaat.

Saya sendiri adalah orang yang percaya Roh Kudus masih memberikan karunia-karuniaNya untuk pertumbuhan jemaat. Apa dasarnya?

1 Korintus 12:31
(31) Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

1 Korintus 14:1-4
(1) Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.
(2) Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.
(3) Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.
(4) Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

Apakah kita masih mengejar kasih? Jika kita masih mengejar kasih maka kita juga harus mengusahakan diri kita untuk memperoleh karunia-karunia Roh. Apakah kasih masih merupakan hal yang utama? Jika ya maka karunia-karunia Roh juga masih bermanfaat untuk membangun jemaat.

Karunia-karunia Roh bukanlah hal yang utama. Hal yang utama adalah kasih. Karena itu pengajaran kasih diletakkan di 1 Korintus 13 yaitu diantara 1 Korintus 12 dan 14 yang merupakan cara Paulus mengingatkan jemaat Korintus bahwa kasih adalah yang terpenting. Tapi Paulus juga tetap menganjurkan jemaat untuk berusaha memperoleh karunia-karunia Roh.

Cara memperoleh karunia-karunia Roh

Lalu bagaimana caranya kita bisa memperoleh karunia-karunia Roh. Cara memperoleh karunia-karunia Roh adalah datang pada Roh Kudus dan meminta kepadaNya. Roh Kudus tahu persis kita ini apa dalam tubuh Kristus. Apakah kita mata? Roh Kudus akan memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Apakah kita tangan? Roh Kudus akan memberikan kita karunia menyembuhkan dan kuasa mengadakan mujizat. Semuanya tergantung kedaulatan dan pengaturan Roh Kudus. Tetapi jelas kita harus menginginkan karunia-karunia Roh dari Roh Kudus. Roh Kudus tidak akan memberikan sesuatu yang tidak kita inginkan.  

1 Corinthian 14:1
(1)  Follow after charity, and desire spiritual gifts, but rather that ye may prophesy.

Dalam terjemahan King James ungkapan “usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh” diterjemahkan “desire spiritual gifts”. Jadi cukup dengan menginginkan akan karunia-karunia Roh maka Roh Kudus akan bekerja dan memberikan karunia-karunia  Roh yang cocok dengan posisi kita dalam tubuh Kristus.

Sederhana sekali? Ya hal-hal rohani itu sebenarnya sederhana sekali tapi sulit dipercaya. Fisika nuklir itu rumit sekali tapi orang sering kali lebih percaya fisika nuklir dibandingkan hal-hal rohani. 🙂 

Tujuan karunia-karunia Roh

Tujuan karunia-karunia Roh adalah pertumbuhan jemaat. Roh Kudus ingin menyatakan kasihNya lewat kita sebagai anggota tubuh Kristus sehingga jemaat bertumbuh. Bertumbuh banyak dan bertumbuh dewasa.

Semoga Kasih Karunia Tuhan Yesus menyertai kita senantiasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s