Laptop baru saya Axioo NEON HNM

Selama ini saya menggunakan laptop buatan lokal Axioo NEON RNE. Axioo adalah merk lokal Indonesia. Laptop saya masuk foto dalam berita waktu saya dikunjungi Menkominfo Rudiantara. Untuk menunjukkan apresiasinya maka perusahaan Axioo Indonesia memberikan saya laptop high end Axioo NEON HNM

Saya tentu saja senang sekali mendapat laptop baru yang lebih baru. Tapi ternyata laptop ini memberikan banyak pekerjaan tambahan buat saya. Selama ini saya biasanya develop menggunakan distro Fedora. Kenapa? Karena Linus Torvald pembuat kernel Linux pakai Fedora, Java versi terbaru biasanya keluar di Fedora terlebih dahulu dan Fedora didukung Red Hat yaitu pembuat distro Linux yang paling banyak dipakai oleh perusahaan bisnis.

Laptop ini sudah mengikut sertakan DVD berisi distro Linux yaitu distro Just KLIXS. Tapi sayangnya saya kurang cocok dengan distro ini. Tapi distro ini jalan mulus di laptop ini dan memberikan petunjuk kepada saya bagaimana caranya supaya Fedora Linux bisa jalan mulus di laptop ini. Ternyata laptop ini power managementnya hanya bisa jalan mulus di Windows. Jadi di Fedora Linux 21 kita harus mematikan ACPI dengan memberikan kernel parameter acpi=off di konfigurasi Grub2.

Berikutnya masih ada pekerjaan yang harus dilakukan kalau anda memakai Java. Java dari OpenJDK di Fedora Linux masih banyak bugsnya. OpenJDK 8 bisa menjalankan WildFly 8 nya JBoss dengan mulus akan tetapi tidak bisa menjalankan NetBeans 8. Solusinya: download dan pakai JDK dari Oracle.

Leave a comment