Sarah 5012 8

Sarah 5012 8

Abraham: Pada jaman ini seseorang tidak perlu bekerja untuk mendapatkan uang. Juga tidak ada orang yang miskin sehingga dia perlu meminjam.

Sarah: Bagaimana mungkin?

Abraham: Pada jaman dahulu manusia bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai baik itu hasil bumi, barang, jasa ataupun karya intelektual. Nilai ini diukur dengan uang. Yang jadi masalah adalah distribusi uang. Distribusi yang tidak adil menimbulkan ketimpangan. Akhirnya muncul ideologi macam sosialisme, komunisme dan kapitalisme. Ideologi ini memunculkan perang. Perang senantiasa membawa penderitaan bagi umat manusia. Untuk mengatasi hal ini Thomas Babel dengan bantuan Intelegensia Buatan Hagar merancang suatu sistem ekonomi baru: Meritisme.

Sarah: Apa meritisme?

Abraham: Seseorang dipenuhi seluruh kebutuhan dasarnya oleh pemerintah. Yang dianggap kebutuhan dasar adalah makanan, pakaian, tempat tinggal dan pendidikan. Kebutuhan lainnya macam hiburan dan kemewahan hanya bisa dipenuhi kalau orang tersebut melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Sarah: Oh komputer pribadi dianggap sarana pendidikan dan biayanya ditanggung pemerintah.

Abraham: Betul.

Sarah: Lalu pemerintah mendapatkan dana darimana? Kalau semua kebutuhan dasar dipenuhi itu biaya yang sangat besar.

Abraham: Semua sumberdaya alam dikuasai pemerintah. Pekerjaan mengolah sumberdaya alam sebagian besar dilakukan oleh robot dan IB. Mereka tidak perlu upah. Pemerintah senantiasa berlimpah dengan dana. Semua distribusi uang dilakukan oleh IB. Tidak ada lagi korupsi.

Bersambung …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s