Fish and Chips

Fish and Chips

Bulan Februari ini ada satu makanan yang saya makan di banyak restoran yaitu Fish and Chips. Fish and Chips adalah makanan populer yang berasal dari Inggris. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana dan biasanya cuma terdiri dari 3 komponen utama: Ikan, kentang dan saus pelengkap. Ikan yang dipakai biasanya adalah ikan yang berdaging putih. Ikan ini dibalur dengan cairan tepung lalu di gulingkan dalam tepung roti dan digoreng. Kentang dipotong memanjang dan di goreng. Sedangkan saus pelengkapnya bisa saus mayonais atau saus tartar yang sebenarnya saus mayonais juga plus acar

Fish and Chips yang paling murah harganya saya makan di restoran Waroenk Kito. Boleh dibilang ini adalah versi murah Fish and Chips. Ikan yang digunakan tidak berbentuk potongan besar melainkan berbentuk potongan-potongan kecil. Rasanya cukup enak mengingat harganya yang paling murah. Saus pelengkap yang digunakan adalah saus mayonais. Hal yang kurang adalah porsinya yang pas-pasan. Kalau sedang lapar tidak dianjurkan makan ini di Waroenk Kito. Kekurangan lain adalah kentang gorengnya tidak ada rasanya alias tawar.

Fish and Chips yang sedikit lebih mahal saya makan di Fiesta Steak Mal Taman Anggrek. Bisa dibilang ini adalah versi standard Fish and Chips. Ikan yang digunakan berbentuk potongan besar. Digoreng dengan menggunakan mentega. Saus yang digunakan juga adalah saus tartar. Rasanya enak dan porsinya memadai. Kentang goreng yang digunakan juga ada rasa asin dan gurih yang cukup.

Fish and Chips yang harganya lebih mahal saya makan di Bistro Delifrance yang letaknya berdekatan dengan Fiesta Steak. Harganya sekitar 2 kali lipat harga Fiesta Steak. Nah ini bisa dibilang versi agak mewah dari Fish and Chips. Ikan yang digunakan adalah ikan yang potongannya besar dan diberikan 2 potong. Porsi ikannya lebih banyak dari porsi Fiesta Steak.  Cairan tepung dan tepung roti yang digunakan sebagai pembalut ikan juga berkualitas tinggi. Ikan juga digoreng menggunakan mentega. Kelemahannya ada di kentang gorengnya. Kentang gorengnya porsinya lebih sedikit dari Fiesta Steak. Saus tartar yang digunakan lebih berkualitas dari saus tartar di Fiesta Steak.

New York Fish and Chips

Fish and Chips yang paling mahal yang saya makan adalah di Fish n Co yang juga terletak di Mal Taman Anggrek. Harganya sekitar 3 kali lipat harga Fiesta Steak. Ini adalah versi mewah dari Fish and Chips yaitu New York Fish and Chips. Embel-embel New York digunakan untuk membedakan dengan Fish and Chips biasa yang juga dijual oleh Fish n Co. Makna embel-embel ini adalah tambahan keju didalam potongan ikan. Ada keju parut yang banyak ditengah-tengah tumpukan dua potong ikan. Diatas potongan ikan ini juga disiram saus keju. Sesuai dengan harganya potongan ikannya benar-benar besar dan kentang gorengnya juga banyak. Kentang gorengnya berkualitas baik dengan rasa asin dan gurih yang cukup. Saus yang diberikan juga terdiri dari 3 macam saus: saus cabai, saus tomat dan saus tartar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s