Yesus adalah keturunan Daud

Wahyu 22:16
(16)  “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian
tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat.
Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

Yesus mengakui dirinya sebagai keturunan Daud. Entah mengapa saya teringat akan ayat ini ketika membaca kisah hidup Sandi Patty. Pengakuan Yesus bahwa Dia adalah keturunan Daud bagi saya adalah suatu pernyataan yang sungguh luar biasa. Kenapa? Karena Daud adalah salah satu orang percaya yang mengalami kejatuhan dalam dosa yang paling dalam di Perjanjian Lama. Daud bukan hanya berzinah dengan istri orang lain tapi juga membunuh suami dari perempuan tersebut. Sebagai hukuman dosa yang sangat berat ini Tuhan mematikan anak yang lahir dari perzinahan tersebut. 2 Samuel 11:1-12:25.

Kalau kita membandingkan dosa Daud dengan dosa Saul maka kita bisa menjadi bingung. Kenapa? Kalau kita mempelajari kisah hidup Saul maka kita akan mendapati empat dosa Saul:

  1. Mempersembahkan korban bakaran sebelum nabi Samuel datang. 1 Samuel 10:8. 1 Samuel 13:8-14.
  2. Tidak membunuh semua bangsa Amalek. 1 Samuel 15:1-11.
  3. Berusaha membunuh Daud. Dosa ini berulang-ulang kali dilakukan Saul. 1 Samuel 19:9-11.
  4. Mencoba memanggil arwah Samuel. 1 Samuel 28:8-12.

Sebagai akibat dari dosa yang ke 1 dan 2 maka Tuhan menghukum Saul dengan mengalihkan kedudukan raja dari Saul ke Daud. Kalau kita hanya mengikuti cara pikir manusiawi maka kita akan merasa Tuhan bertindak tidak adil. Masakan cuma karena mempersembahkan korban sebelum seorang nabi datang dan tidak membunuh semua bangsa Amalek Saul kehilangan kedudukan seorang raja?

Apa yang dianggap adil oleh manusia sering kali berbeda dengan apa yang dianggap adil oleh Tuhan. Kenapa hukuman makan buah pohon pengetahuan baik dan jahat adalah kematian? Masak makan buah saja dimatikan? Coba pikirkan kalau misalkan anda memiliki anak kecil dan anda melarang dia makan buah pohon di taman anda sendiri. Apakah anda akan membunuh anak tersebut kalau dia makan buah yang anda larang? Dari hal ini kita bisa melihat bahwa tuntutan Allah adalah ketaatan yang sempurna kepadaNya. Penyimpangan dari perintah Allah akan membawa konsekuensi yang tak terbayangkan. Lalu apakah kita harus hidup dalam ketakutan akan hukuman Allah terus menerus? Tidak. Menurut saya sikap yang benar adalah menyadari dan menerima konsekuensi dari setiap ketidak taatan kita akan tetapi tetap berharap pada pengampunanNya.

Sikap inilah yang diambil Sandi Patty. Sandi Patty adalah salah seorang penyanyi rohani wanita paling terkenal didunia. Akan tetapi dia melakukan kesalahan fatal. Sandi menyeleweng dengan pria lain lalu bercerai. Sampai saat ini Sandi Patty masih mengalami penolakan banyak gereja sekalipun dia telah bertobat dan meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan. Tapi Sandi memaklumi sikap dari semua pihak yang menolaknya. Dia mengatakan semua penolakan itu adalah akibat kesalahannya sendiri. Kalau Daud adalah seorang penyanyi rohani pria yang sukses pada masa kini besar kemungkinan dia akan mengalami nasib yang sama.

Sesudah Daud mengetahui anaknya sakit dia berpuasa mohon anugrah dan pengampunan Allah. Tapi ketika menyadari anaknya mati dia malah berhenti berpuasa. Daud berhenti berpuasa karena dia tahu Tuhan tidak mengabulkan permohonannya dan tetap menghukum dia. Daud memohon anugrah dan pengampunan Allah tapi dia juga menerima dengan ikhlas semua konsekuensi perbuatannya. Dia menerima bahwa dosa yang diperbuatnya memiliki konsekuensi. Menurut saya sikap inilah sikap yang benar. Menyadari konsekuensi dosa, memohon pengampunan dan menerima dengan ikhlas semua konsekuensi dari dosa kita. Inilah perbedaan utama sikap Daud dan Adam. Adam sesudah menyadari akan kesalahannya bukannya memohon pengampunan Tuhan malah menyalahkan Hawa. Mungkin karena ini Yesus menyebut dirinya keturunan Daud dan bukan keturunan Adam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s