Wahyu Menakjubkan

1 Timotius 3:16 (Terjemahan Indonesia Baru)
    Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita:
    “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia,
    dibenarkan dalam Roh;
    yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat,
    diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah;
    yang dipercayai di dalam dunia,
    diangkat dalam kemuliaan.”

1 Timotius 3:16 (Terjemahan NET)
    And we all agree, our religion contains amazing revelation:
    He was revealed in the flesh,
    vindicated by the Spirit,
    seen by angels,
    proclaimed among Gentiles,
    believed on in the world,
    taken up in glory.

1 Timotius 3:16 (Terjemahan King James Version)
    And without controversy great is the mystery of godliness:
    God was manifest in the flesh,
    justified in the Spirit,
    seen of angels,
    preached unto the Gentiles,
    believed on in the world, 
    received up into glory.

Ini adalah salah satu Firman paling luar biasa yang ditulis oleh Rasul Paulus di akhir hidupnya. Firman diatas mengandung wahyu menakjubkan yang menjadi inti sari dari iman Kristen. Dengan mencantumkan tiga terjemahan dari ayat diatas maka kita bisa memahami lebih banyak nuansa penterjemahan dari ayat yang luar biasa ini. Mari kita lihat baris pertama dari Terjemahan Indonesia Baru dan KJV. Pada dasarnya kedua terjemahan ini hampir sama maknanya yaitu pengantar untuk baris-baris berikutnya dan menyatakan bahwa informasi dalam baris-baris berikut adalah suatu rahasia ibadah. Apa arti dari rahasia ibadah? Kalau memang rahasia kenapa dituliskan? Kalau di ketahui banyak orang kan nggak jadi rahasia lagi. Ibadah adalah tindakan yang dilakukan seseorang untuk menyembah dan memuja Tuhan. Tapi kalau kita baca baris-baris berikut maka isinya bukan tindakan manusia akan tetapi tindakan Tuhan Yesus. Sebelum membaca terjemahan NET maka saya kurang paham baris pertama dari ayat diatas. Baru sesudah membaca terjemahan NET maka saya benar-benar paham makna dari baris pertama.

Dalam Terjemahan NET maka baris pertama diterjemahkan sebagai “And we all agree, our religion contains amazing revelation” atau dalam bahasa Indonesia “Kita semua setuju bahwa agama kita mengandung wahyu menakjubkan”. Indah sekali. Agama Kristen adalah agama yang mengandung wahyu yang menakjubkan. Apa wahyu menakjubkan yang di kandung agama Kristen?

  1. Allah telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia.
    Inilah pembeda utama agama Kristen dengan agama-agama lainnya. Agama Kristen adalah satu-satunya agama yang mengakui bahwa Allah menjelma menjadi manusia dalam Yesus Kristus. Ada dua nuansa penterjemahan untuk baris ini: Ada yang memakai kata Dia laki-laki//He (dari kata ho Yunani) dan ada yang memakai kata Allah/Tuhan (dari kata theos Yunani). Dua-duanya adalah penterjemahan yang valid. Kata Dia laki-laki/He  merujuk bahwa yang dimaksud adalah Yesus Kristus sedangkan kata Allah merujuk bahwa Yesus adalah Allah/Tuhan.
  2. Dibenarkan dalam Roh.
    Fakta bahwa Yesus adalah Allah/Tuhan yang menjadi manusia diteguhkan oleh Roh Kudus. Bagaimana Roh Kudus melakukan hal ini? Dengan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

    Roma 1:4 
    dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.
    Rome 1:4 (NET)
    who was appointed the Son-of-God-in-power according to the Holy Spirit by the resurrection from the dead, Jesus Christ our Lord.

    Roma 8:11
    Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

    1 Petrus 1:21
    Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

    Allah membangkitkan Yesus Kristus lewat Roh Kudus Nya. Apakah ini berarti Allah membangkitkan Allah? Tidak demikian. Yang bangkit dari kematian adalah Yesus Kristus yaitu Allah yang menjelma sebagai manusia. Sebagai Allah Yesus memang tidak mungkin mati akan tetapi sebagai manusia maka Yesus Kristus mengalami kematian. Inilah sebuah wahyu yang ajaib yang sulit untuk bisa dipahami. Yesus Kristus adalah Allah dan juga manusia seutuhnya. Karena Dia manusia maka Dia bisa menggantikan umat manusia dan menerima hukuman atas dosa yaitu maut.

    Ibrani 2:9
    Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

  3. Menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat.
    Yesus Kristus menampakkan dirinya kepada malaikat-malaikat dan mereka mengenali siapa Dia. Malaikat mengabarkan kelahiranNya:
    Lukas 1:30-35
    (30)  Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
    (31)  Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
    (32)  Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
    (33)  dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
    (34)  Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
    (35)  Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

    Malaikat melayaninya setelah Dia menang atas pencobaan di padang gurun:
    Matius 4:11
    Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.
    Markus 1:13
    Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.

    Roh jahat dalam orang yang kerasukan mengenali Dia:
    Markus 1:24
    “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.”

  4. Diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah
    Ini adalah sebuah wahyu mengejutkan bagi orang Israel. Pada jaman Yesus orang Israel beranggapan bahwa Mesias/Kristus datang hanya untuk menyelamatkan bangsa Israel. Allah mewahyukan dengan jelas bahwa keselamatan dari Kristus diperuntukkan juga bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Istilah bangsa yang tidak mengenal Allah sinonim dengan istilah bangsa kafir atau bangsa penyembah berhala. Wahyu bahwa Injil diperuntukkan bagi bangsa kafir juga pertama kali datang kepada Petrus dalam Kisah Rasul 10.

    Kisah 10:28
    Ia berkata kepada mereka: “Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.

    Wahyu ini juga dinyatakan dengan jelas dalam pengajaran Rasul Paulus di Surat Efesus 2 dan 3.

    Efesus 3:4-6
    (4)  Ap
    abila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,
    (5)  yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,
    (6)  yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.

  5. Dia dipercayai di dalam dunia
    Jika seseorang percaya bahwa Yesus adalah Allah yang menjelma manusia, bahwa Dia adalah Mesias maka itu berarti dia telah menerima wahyu dari Bapa di sorga.

    Mat 16:15-17
    (15)  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
    (16)  Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
    (17)  Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

    Mat 16:15-17 (NET)
    (15)  He said to them, “But who do you say that I am?”
    (16)  Simon Peter answered,”You are the Christ, the Son of the living God.”
    (17)  And Jesus answered him,”You are blessed, Simon son of Jonah, because flesh and blood did not reveal this to you, but my Father in heaven!

    Keselamatan adalah anugerah dan anugerah itu diberikan lewat wahyu Allah. Paulus sebelum bertobat adalah seseorang yang menjadi penganiaya jemaat akan tetapi begitu wahyu Allah diberikan padanya maka dia rebah dan tidak punya pilihan lain selain bertobat dan percaya. Kita mungkin tidak melihat sinar dan suara dari surga seperti Paulus. Tapi kalau pada saat ini kita percaya kepada Yesus Kristus maka itu berarti kita telah beroleh belas kasihan Tuhan dan wahyu dari Nya. Bagi mereka yang belum percaya kepada Yesus yang membaca tulisan ini maka saya berdoa supaya kiranya Tuhan berbelas kasihan pada saudara dan mewahyukan pada saudara siapakah Yesus Kristus.

  6. Dia diangkat dalam kemuliaan
    Yesus Kristus dilahirkan sebagai manusia, mati di kayu salib menebus dosa manusia, bangkit dari kematian,  naik ke surga dan datang kembali dari surga. Inilah inti iman Kristen. Iman Kristen berpusat pada karya Yesus Kristus di dunia, karyaNya dalam kehidupan orang percaya lewat Roh Kudus dan karyaNya di masa depan pada saat Dia kembali ke dunia.

    Kisah 1:9-11
    (9)  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
    (10)  Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
    (11)  dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

    Percaya pada kenaikan Yesus ke surga adalah percaya juga akan kedatanganNya untuk yang kedua kali untuk menjemput kita semua.

    Wahyu 22:20
    (20)  Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s