Definisi Mujizat

Apakah yang dimaksud dengan mujizat? Mujizat adalah tanda atau bukti menakjubkan yang diberikan oleh Allah supaya manusia percaya kepada Nya. Musa adalah manusia pertama yang diperintahkan melakukan mujizat oleh Allah.

Exo 4:1-9
(1)  Lalu sahut Musa: “Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku, melainkan berkata: TUHAN tidak menampakkan diri kepadamu?”
(2)  TUHAN berfirman kepadanya: “Apakah yang di tanganmu itu?” Jawab Musa: “Tongkat.”
(3)  Firman TUHAN: “Lemparkanlah itu ke tanah.” Dan ketika dilemparkannya ke tanah, maka tongkat itu menjadi ular, sehingga Musa lari meninggalkannya.
(4)  Tetapi firman TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu dan peganglah ekornya” –Musa mengulurkan tangannya, ditangkapnya ular itu, lalu menjadi tongkat di tangannya
(5)  –“supaya mereka percaya, bahwa TUHAN, Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub telah menampakkan diri kepadamu.”
(6)  Lagi firman TUHAN kepadanya: “Masukkanlah tanganmu ke dalam bajumu.” Dimasukkannya tangannya ke dalam bajunya, dan setelah ditariknya ke luar, maka tangannya kena kusta, putih seperti salju.
(7)  Sesudah itu firman-Nya: “Masukkanlah tanganmu kembali ke dalam bajumu.” Musa memasukkan tangannya kembali ke dalam bajunya dan setelah ditariknya ke luar, maka tangan itu pulih kembali seperti seluruh badannya.
(8)  “Jika mereka tidak percaya kepadamu dan tidak mengindahkan tanda mujizat yang pertama, maka mereka akan percaya kepada tanda mujizat yang kedua.
(9)  Dan jika mereka tidak juga percaya kepada kedua tanda mujizat ini dan tidak mendengarkan perkataanmu, maka engkau harus mengambil air dari sungai Nil dan harus kaucurahkan di tanah yang kering, lalu air yang kauambil itu akan menjadi darah di tanah yang kering itu.”

Orang percaya kadang-kadang punya pemikiran yang salah bahwa Tuhan selalu menolong mereka melalui mujizat. Ini salah karena tujuan mujizat dilakukan adalah supaya mereka percaya bukan supaya mereka tertolong. Memang Tuhan bisa menolong lewat mujizat tapi tidak harus lewat mujizat. Pertolongan Tuhan tetaplah pertolongan Tuhan walaupun tidak lewat suatu hal yang spektakuler.

Apakah pada akhir jaman ini mujizat masih terjadi? Bukankah manusia sudah memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi? Mujizat masih terjadi:

Mat 7:22-23
(22)  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
(23)  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Jelas disebutkan oleh Yesus bahwa banyak orang akan melakukan mujizat pada hari terakhir. Hari terakhir merujuk ke saat ini. Kita hidup di hari terakhir/akhir zaman. Apakah melakukan mujizat menandakan bahwa orang tersebut berkenan pada Yesus? Tidak. Yesus berkata banyak orang yang melakukan mujizat adalah pembuat kejahatan. Lalu apakah kalau orang tidak melakukan mujizat adalah orang yang berkenan pada Yesus? Tidak juga. Karena melakukan mujizat atau tidak bukan tolok ukur kerohanian dan perkenan Tuhan.

Apakah tujuan Tuhan melakukan mujizat saat ini?

  1. Untuk meneguhkan Injil yang diberitakan:

    Mar 16:20
    (20)  Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

  2. Supaya orang-orang menerima pemberitaan Injil:

    Act 8:5-7
    (5)  Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
    (6)  Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
    (7)  Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.

    Filipus adalah seorang penginjil dan pada saat orang melihat tanda/mujizat yang diadakan oleh Filipus maka mereka menerima pemberitaan Injil.

  3. Untuk meneguhkan kesaksian Tuhan Yesus dan orang percaya:

    Heb 2:1-4
    (1)  Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.
    (2)  Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal,
    (3)  bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan
    (4)  Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

Mujizat masih dilakukan oleh Allah sampai saat ini dan tujuan Allah melakukan mujizat adalah supaya orang-orang mempercayai Injil. Apakah tanpa mujizat orang tidak akan percaya Injil? Orang-orang yang beroleh kasih karunia Nya akan tetap mempercayai Injil sekalipun pemberitaan Injil tersebut tidak disertai mujizat. Akan tetapi pemberitaan Injil yang disertai mujizat adalah sesuatu yang dinyatakan dalam Firman. Yang terpenting memang Injil tapi jelas bahwa Tuhan berkenan meneguhkan Injil yang diberitakan lewat mujizat. Kenapa? Karena Tuhan berkenan kepada mereka yang percaya pemberitaan Injil.

Gal 3:5
(5)  Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s