Siapakah rasul itu?

Penjelasan Rasul sesuai dengan Firman oleh Watchman Nee.

http://www.voidspace.org.uk/spiritual/nee/nccl1.htm

Silahkan dibaca supaya jelas siapa yang dimaksud dengan rasul. Penjelasan dari Watchman Nee ini saya anggap sejalan dengan Firman.

Karena permintaan Admin maka saya akan jelaskan intisari dari tulisan Watchman Nee diatas. Ada tiga jenis rasul dalam Firman:

  1. Yesus sebagai Rasul. Kata Rasul mempunyai makna utusan. Yesus adalah Rasul yang unik. Karena dialah satu-satunya manusia yang diutus langsung oleh Allah Bapa. Unik artinya tidak ada Rasul lain yang diutus langsung Bapa.
  2. Duabelas Rasul Tuhan Yesus. Dua belas rasul Yesus juga adalah unik. Karena kualifikasi menjadi Rasul Tuhan Yesus adalah menyaksikan pelayanan Tuhan Yesus secara penuh.

    Kisah 1:21-22
    (21) Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,
    (22) yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya.”

    Dalam makna ini maka duabelas Rasul Tuhan Yesus memiliki posisi yang khusus sehingga nama mereka dituliskan di batu fondasi Yerusalem Baru.

  3. Rasul Roh Kudus. Rasul Roh Kudus adalah Rasul yang diutus oleh Roh Kudus.

    Act 13:2-3
    (2) Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”
    (3) Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

    Act 13:43
    (43) Setelah selesai ibadah, banyak orang Yahudi dan penganut-penganut agama Yahudi yang takut akan Allah, mengikuti Paulus dan Barnabas; kedua rasul itu mengajar mereka dan menasihati supaya mereka tetap hidup di dalam kasih karunia Allah.

    Setelah diutus oleh Roh Kudus barulah Barnabas dan Paulus di sebut rasul.

Dibawah ini adalah kutipan pemahaman Watchman Nee mengenai siapakah rasul itu yang sesuai dengan Firman.

“Jadi siapakah rasul itu? Rasul adalah pekerja Allah, yang diutus oleh Roh Kudus untuk melakukan pekerjaan yang Roh Kudus ingin mereka lakukan. Tanggung jawab pelayanan ada ditangan mereka. Bicara secara umum semua orang percaya bertanggung jawab akan pekerjaan Allah, tapi rasul adalah sekelompok orang yang khusus dipisahkan untuk hal tersebut dan menanggung tanggung jawab khusus akan tingkah lakunya dalam pelayanan.”

“Tuhan kita berkata, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya” (Yohaner. 13:16). Disini kita memiliki definisi dari istilah rasul. Maknanya adalah dikirim pergi/ diutus – itu saja dan itulah keseluruhan maknanya. Sebaik apapun niat baik manusia tidak bisa menggantikan tempat panggilan surgawi. Saat ini mereka yang dikirim Tuhan utuk pergi memberitakan Injil dan membangun jemaat memanggil diri mereka misionaris dan bukan rasul tapi makna kata misionaris sama saja dengan rasul yaitu utusan. Istilah misionaris adalah bentuk Latin dari kata Yunani yang sepadan. Karena makna keduanya sama maka saya tidak mengerti alasan mengapa para utusan sejati pada masa kini lebih senang disebut misionaris dan bukan rasul.”

Dibawah ini adalah kata-kata saya sendiri dan bukan kutipan dari Watchman Nee:

Apakah para misionaris masih ada saat ini? Jelas ada. Masih ada hamba-hamba Allah yang sangat saya hormati yang pergi melayani di tempat-tempat terpencil. Menderita kekurangan. Menghadapi banyak bahaya. Mereka menjalani hal yang sama dengan hal yang dijalani rasul Paulus.

Jadi jangan katakan pada saya rasul-rasul tidak ada lagi. Rasul atau misionaris itu sama saja.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s